Bahasa Pemrograman

blogger templates
KangkungCity - Postingan kali ini mengenai pemrograman komputer. Apa itu pemrograman komputer ? ? ? Perlu diketahui komputer pada dasarnya adalah mesin yang tidak bisa apa-apa. Kita harus memberikan serangkaian instruksi kepada komputer agar mesin 'pintar' ini dapat memecahkan suatu masalah. Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah inilah yang disebut pemrograman komputer. Dalam pemrograman komputer, kita harus mengunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk memberikan suatu instruksi.


Komputer adalah mesin digital, artinya komputer hanya mengenal kondisi ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan lambang 1) dan tidak ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan lambang 0). Dengan kata lain, kita harus menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemrograman komputer. Ya, pemrograman yang menggunakan sandi 0 dan 1 ini disebut bahasa mesin. Mungkin sobat sudah bisa membayangkan bagaimana sulitnya memrogram menggunakan bahasa mesin.

Karena bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkan untaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan kata tentunya yang lebih mudah kita pahami. Singkatan kata ini sering disebut mnemonic code. Bahasa pemrograman yang menggunakan singkatan kata ini disebut bahasa assembly. Sebagai contoh, dalam prosesor intel terdapat perintah 0011 1010 0000 1011. Perintah dalam bahasa mesin sama artinya dengan perintah assembly CMP AL, 0D, yang artinya bandingkan nilai register AL dengan 0D. Perangkat lunak yang mengkonversikan perintah assembly ke bahasa mesin sering disebut assembler.

Pemrograman dengan bahasa assembly mungkin masih terlalu sulit, maka dikembangkan bahasa pemrograman yang mudah digunakan. Bahasa pemrograman ini menggunakan kata-kata yang mudah dikenali oleh manusia. Bahasa pemrograman seperti ini disebut bahasa generasi ketiga atau 3GL (third-generation language). Beberapa orang menyebutnya bahasa tingkat tinggi atau HLL (high-level language). Contoh bahasa generasi ketiga: Basic, Pascal, C, C++, COBOL, dsb.

Perkembangan bahasa pemrograman tidak sampai pada generasi ketiga saja. Ada bahasa generasi keempat atau 4GL (fourth-generation language). Bahasa ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi basis data (database). Salah satunya adalah SQL (Structured Query Language). Pada bahasa ini, perintah-perintah yang digunakan lebih manusiawi, misalnya "SELECT Nama, Alamat FROM Karyawan", untuk mengambil data Nama dan Alamat dari basis data Karyawan.

0 Response to "Bahasa Pemrograman"

Post a Comment